×

Harga Anyaman Bambu Semua Jenis Terbaru Oktober 2022

Meskipun demikian banyak juga rumah-rumah di daerah pedesaan yang masih memakai bambu atau anyaman bambu seperti pada plafon atau langit-langit ruangan, kemudian ada juga yang dipakai untuk dinding dan pembatas ruangan menggunakan anyaman bambu pada rumah sebenarnya orang begitu aman terutama saat terjadi gempa namun usia pakainya pun juga hanya akan berlangsung beberapa tahun saja.

Selain itu harganya pun juga murah dan bisa dibentuk sesuai keinginan membuat anyaman bambu masih banyak digunakan. Tidak cuma itu kelebihan lain dari anyaman bambu adalah sirkulasi udara lebih lancar dan terasa sejuk, motif yang lebih menarik dan bebas debu. Selain itu apabila anda memilih jenis bambu yang berkualitas baik maka sudah pasti bisa anyaman tersebut bertahan hingga puluhan tahun.



Harga Anyaman Bambu

  • Gedheg kasar (2×3) m aten harganya Rp 40.000,-
  • Gedheg hitam/ motif (2×3)m harganya Rp 90.000,-
  • Kursi satu set (4 kursi, 1 meja) harganya Rp 300.000,-
  • Eternit bambu harganya Rp 70.000,-/ meter

Baca juga : Harga Atap Sirap

Kelebihan dan Kekurangan Material Bambu

Sama seperti bahan lainnya, material bambu memiliki beberapa kelebihan dan kekurangan. Baik ketika dipakai sebagai anyaman, kerajinan ataupun untuk konstruksi bangunan. Berikut adalah kelebihan dan kekurangannya.

Kelebihan Bambu

Mudah ditanam

Budidaya bambu adalah hal yang mudah dan tidak memerlukan investasi yang besar. Saat bambu sudah siap tebang, hasil batang bambu bisa terus menerus diperoleh tanpa perlu melakukan penanaman kembali.

Pertumbuhan cepat

Pertumbuhan bambu terbilang lebih cepat dibandingkan dengan kayu. Bahkan untuk jenis bambu tertentu bisa tumbuh hingga 5 cm dalam waktu satu jam saja.

Daya tahan baik

Bambu memiliki ketahanan yang baik. Saat rumpun bambu dibakar, rumpun tersebut masih bisa tumbuh dan berkembang kembali.

Harga murah

Bambu dikenal memiliki harga yang murah. Hal ini menjadi kelebihan tersendiri mengingat material lain cenderung naik harga setiap tahunnya.

Elastis

Bambu memiliki bentuk seperti pipa sehingga memiliki kelembaban yang tinggi. Bambu memiliki sifat elastis yang ketahanannya sangat baik terhadap angin.

Mudah dibentuk

Bambu mudah untuk dibentuk dan dibelah. Hal ini membuat bambu biasa menjadi furnitur rumah.

Baca juga: Biaya Membuat Gazebo

Kekurangan Bambu

Durabilitas rendah

Bambu mempunyai durabilitas rendah. Bambu sangat rentan diserang kumbang bubuk. Alhasil material ini tidak tahan lama. Rangka bambu yang tidak diawetkan hanya bertahan tidak lebih dari 5 tahun. Hal ini menjadi kendala utama bambu dan membuat minat terhadap bambu menjadi kecil.

Kekuatan sambungan rendah

Rangkaian struktur bambu biasanya dilakukan dengan memakai paku, pasak atau tali ijuk. Hal inilah yang membuat kekuatan sambungan bambu sangat rendah. Ada kemungkinan bambu pecah saat disambungkan dengan paku atau pasak.

Rentan terbakar

Bambu pada dasarnya rentan terhadap api. Sebenarnya hal ini bisa diakali, namun Anda harus mengeluarkan biaya tambahan yang lebih tinggi.



Leave a Comment