Harga Dan Ukuran Gypsum Per Lembar


Untuk harga dua bahan bangunan tersebut memang bervariasi dan berbeda-beda setiap daerahnya. Jadi pastikan jika ingin membeli perhatikan dulu apakah ada lokasi daerah lain di sekitar anda yang menjual gypsum dengan selisih harga cukup banyak dari daerah anda.

Baca juga: Contoh Desain Plafon Minimalis

Jenis-Jenis Plafon Gypsum



  1. Top Line

Top line adalah papan gypsum berlapis kertas berwarna putih dengan bagian permukaan yang halus sehingga bisa menambah nilai estetika tanpa harus melupakan fungsinya. Jenis gypsum yang satu ini juga tidak mudah terbakar dan dapat menghambat panas.

  1. Base Line

Base line merupakan papan gypsum dengan lapisan kerta putih yang biasa digunakan sebagai partisi dinding dan plafon. Hampir sama dengan jenis top line, jenis gypsum ini juga dapat menambah nilai estetika dengan menghambat panas dan tahan terhadap api.

  1. Aqua Line

Aqua line adalah papan gypsum yang sudah dilengkapi dengan caira terpolimerasi sehingga memiliki kemampuan untuk mengurangi penyerapan pada papan.

  1. Fire Line

Fire line adalah jenis gypsum yang dibuat dari bahan khusus untuk semakin meningkatkan kohesivitas pada suhu tinggi sehingga akan memberikan hasil secara maksimal saat dihadapkan langsung dengan api.

  1. Dura Line

Dura line adalah papan gypsum gyproc yang memiliki ketahanan cukup baik terhadap benturan. Jenis papan gypsum yang satu ini sangat cocok digunakan pada rumah ataupun bangunan komersial yang membutuhkan dinding kuat.

Kelebihan Plafon Gypsum

Seperti yang sudah saya jelaskan di atas bahwa plafon gypsum memiliki banyak kelebihan, yaitu:

  1. Mudah dalam Pemasangan

Salah satu alasan mengapa plafon gyspsum sekarang ini menjadi sangat populer yaitu karena proses pemasangannya bisa dilakukan dengan mudah. Pemasangan plafon ini memang jauh lebih mudah daripada pemasangan plafon GRC.

Bahkan pemasangan plafon gypsum juga nampak lebih rapi jika dibandingkan dengan plafon GRC. Hal ini karena plafon gypsum lebih mudah untuk dibentuk sehingga mempunyai tekstur yang baik. Plafon gypsum juga dapat memberikan hasil akhir yang lebih rata dan smooth.

  1. Tahan Terhadap Api

Plafon gypsum ternyata juga memiliki sifat yang tahan terhadap api sehingga layak untuk dijadikan pilihan utama. Karena sifatnya tersebut, ketika terjadi kebakaran maka api tidak akan tersebar dengan mudah.

  1. Memiliki Harga Terjangkau

Kelebihan plafon gypsum selanjutnya adalah memiliki harga yang terbilang sangat murah. Bahkan harga plafon gypsum jauh lebih murah daripada harga GRC di pasaran. Jika anda sedang membutuhkan plafon berkualitas namun memiliki budget yang terbatas, anda bisa menjadikan plafon gypsum sebagai alternatif yang tepat.

Kekurangan Plafon Gypsum

  1. Mudah Rusak

Kekurangan yang dimiliki oleh plafon gypsum adalah kurang tahan terhadap air. Untuk soal ketahanan, plafon GRC jauh lebih tahan terhadap air jika dibandingkan plafon gypsum. Hal ini tentunya akan membuat plafon gypsum lebih cepat mengalami rusak dan tidak mampu bertahan lama.  Namun sebenarnya anda tidak perlu khawatir karena sekarang ini sudah tersedia plafon gypsum yang memiliki ketahanan terhadap air meskipun belum banyak diketahui.

  1. Plafon Gypsum Anti Air Memiliki Harga Mahal

Saat ini memang sudah tersedia plafon gypsum yang memiliki kemampuan tahan terhadap air. Plafon gypsum jenis ini sudah pasti mempunyai kualitas yang jauh lebih baik jika dibandingkan dengan plafon gypsum biasa. Namun karena kelebihannya tersebut, gypsum jenis ini mempunyai harga yang mahal.

  1. Nampak Buram dan Berjamur

Plafon gypsum terlihat buram dan berjamur jika dipasang di tempat dalam keadaan yang lembab dan basah. Maka dari itu, anda harus pastikan bahwa genteng atau atap rumah anda tidak mengalami kebocoran supaya plafon gypsum nantinya tidak rusak.

Tips Memilih Memilih Gypsum

  • Tampilan Bagian Muka Papan Halus

Jika ingin membeli plafon atau papan gypsum, pastikan papan yang hendak dibeli memiliki bagian muka yang halus dan rata. Hal ini akan membuat proses pengecatan atau finishing menjadi lebih bagus.

  • Kualitas Kertas Bagus

Papan gypsum umumnya terbuat dari inti gypsum yang terbungkus dalam kertas pelapis. Maka dari itu pilih gypsum yang mempunyai daya rekat kertas pelapis yang tidak mudah terkelupas jika disobek.

  • Tidak Mudah Patah

Beli papan gypsum yang tidak mudah patah. Cara mengeceknya dengan mengangkat papan gypsum. Bila diangkat terasa tidak solid, bisa dipastikan plafon tersebut mudah patah.

  • Ringan

Pilih Gypsum yang ringan karena akan mempermudah proses pengerjaan. Akan tetapi juga tetap mempertimbangkan kekokohan material tersebut.

  • Pilih yang Bergaransi

Papan yang bergaransi bisa menjadi nilai plus. Beberapa produsen menawarkan garansi pada gypsum yang dipasarkan, sehingga akan membuat Anda merasa lebih aman.

Jenis-Jenis Plafon GRC

  1. GRC Royal Board

GRC Royal Board merupakan jenis plafon GRC yang ringan dan tidak mudah mengalami lapuk. Selain itu, jenis plafon GRC ini juga tahan terhadap jamur dan anti rayap sehingga lebih banyak dipilih untuk membuat bangunan terlihat semakin bagus. Bahkan plafon GRC ini juga mudah dalam perawatannya dan tidak perlu perawatan khusus.

  1. GRC Silica Board

GRC Silica Board adalah salah satu jenis material bangunan yang pada umumnya digunakan untuk menggantikan fungsi dari triplek atau plywood.

  1. GRC Board

GRC Board menjadi salah satu bahan bangunan yang populer untuk digunakan dalam industri konstruksi. Jenis plafon ini juga menjadi pilihan utama bagi kebanyakan arsitek karena memiliki banyak kelebihan seperti tahan dalam berbagai kondisi cuaca baik hujan ataupun panas.

  1. Plafon GRC Versaboard

Plafon GRC Versaborad adalah jenis plafon yang biasa dijadikan sebagai solusi yang tepat sebagai pengganti triplek. Bahkan plafon ini juga memiliki harga yang terbilang ekonomis.

Kelebihan Plafon GRC



Leave a Reply