Konstruksi Baja Rumah 2 Lantai


Ketimbang bahan kayu ataupun bahan lainnya yang mudah untuk dimakan rayap, tentunya baja bisa dijadikan sebagai pilihan yang tepat. Namun meski demikian, konstruksi baja juga memiliki kelemahan, yaitu tidak tahan terhadap api sehingga akan sangat berbahaya saat mengalami kebakaran.



Ukuran Besi Baja WF untuk Rumah 2 Lantai

Ada beberapa jenis yang biasa digunakan dalam konstruksi baja. Namun yang paling sering digunakan adalah baja Wide Flinge atau yang biasa disebut dengan baja WF. Untuk menentukan ukuran baja WF pada bangunan rumah 2 lantai, ada beberapa langkah yang harus diperhatikan.

Langkah-langkah tersebut adalah berupa konsep struktur konstruksi baja yang ingin dipetakan untuk selanjutnya di implementasikan dalam proses pengerjaannya. Untuk lebih jelasnya, kami disini akan mengurutkannya dalam beberapa poin penting sebagai berikut:

  • Mengukur Besi Baja WF

Besi baja WF yang digunakan untuk rumah 2 lantai biasanya memiliki dimensi ukuran 400 x 200 mm. Ukuran tersebut untuk pembangunan konstruksi di atas lantai yang luasnya mencapai 15 x 20 m2.

  • Penggunaan Lantai

Ukuran besi Baja WF untuk pembangunan rumah 2 lantai dengan ukuran minimalis dan luasnya mencapai 15 x 20 m2 , maka untuk penggunaan lantainya Anda bisa memilih plat baja, beton, atau bisa juga papan grc (grc board).

Namun jika Anda lebih memilih untuk menggunakan cor beton yang memiliki ukuran 20 cm floor hardener 3, nantinya akan dibutuhkan beberapa elemen tambahan seperti plat besi beton untuk ditanamkan dalam cor-coran.

  • Mengatur Kolom Baja

Besi baja WF untuk bangunan rumah 2 lantai dalam pengaturan kolom baja (kolom pedestal) memiliki fungsi sebagai dudukan tiang pancang konstruksi baja WF dengan ukuran 2540 besi tlangan yang mempunyai diameter 13 ulir dengan standar SNI.



  • Menggunakan Kombinasi

Konstruksi baja memang membutuhkan waktu pengerjaan yang terbilang lebih cepat daripada jenis konstruksi yang lainnya.  Tetapi, supaya proses pengerjaan menjadi semakin cepat, Anda bisa menggunakan kombinasi antara rangka baja dengan panel lantai aac. Dalam hal ini dibutuhkan pertimbangan secara tepat dengan cara memperhatikan kondisi struktur dan lainnya.

  • Menentukan Jenis Struktur

Seperti yang sudah kami jelaskan sebelumnya bahwa konstruksi baja juga jauh lebih awet. Bahkan konstruksi baja mampu bertahan hingga 10 tahun lamanya pada kondisi tanah yang stabil. Sehingga Anda hanya membutuhkan modal sekali untuk bangunan yang dimana masalah keawetannya bisa dalam jangka panjang.

  • Menghitung Pondasi

Ukuran besi WF untuk bangunan rumah 2 lantai maka dalam perhitungan pondasinya harus sesuai dengan peraturan pembebanan Indonesia. Pondasi dengan menggunakan kolom beton harus menggunakan ukuran 15 x 15 cm ditambah dengan selibut beton yang mencapai 25 cm. Ukuran begel kolom praktis perkiraan kurang lebih sekitar 10 x 10 cm menggunakan besi beton bertulang sebanyak 4 buah.

  • Beban Gempa

Perhatikan masalah beban gempa pada konstruksi baja Anda jika bangunannya termasuk dalam skala menengah ke atas atau tinggi struktur bangunan tersebut tidak melampaui 40 meter atau 10 tingkat.





Leave a Reply