Nama Rumah Adat Riau, Gambar dan Ciri Khasnya


Baca juga: Perpaduan Warna Cat Rumah Minimalis

Baca juga: Cara Menghilangkan Karat Pada Besi



Keunikan dari rumah adat Riau ini harus dipelajari dengan baik untuk memaknai dekorasi yang ada di dalamnya. Untuk itu, pada kesempatan kali ini akan disampaikan mengenai hal-hal mendasar dan menjadi ciri khas rumah adat di kepulauan Riau.

Bentuk atap

Di rumah adat Riau, bentuk atapnya terdiri dari dua silangan yang ada di bagian ujung dan kaki atap. Keduanya memiliki bentuk yang melengkung ke atas, tetapi lengkungannya harus lebih kuat dibanding bagian atap kaki.

Bagian atapnya memiliki hiasan yang dinamakan Sulo Bayung di bagian ujung kaki, dan Sayo Layanagan di bagian atap kaki. Dalam pemaknaannya, bentuk atap ini diharapkan manusia yang menempati rumah tersebut dapat terhubung dengan penciptanya.

Loteng rumah

Ciri khas rumah adat Riau memiliki ciri khas dengan adanya loteng. Loteng ini dinamakan Langsa pada bagian depan dan Panas di bagian dapur. Beberapa rumah kebanykan tidak memiliki loteng dan penggantinya adalah tempat terbuka di bagian ruang tamu.

Struktur dinding

Dinding di rumah adat Riau dipasang dinding yang miring 20 sampai 30 derajat. Dinding ini menggunakan konsep aerodinamika yang digunakan untuk menghadap angin. Dinding miring ini terinspirasi dari bentuk kapal yang dapat melawan angin laut.

Penyusun lantai

Lantai yang digunakan pada rumah adat Riau menggunakan kayu Nibung yang biasanya tahan air. Lantai rumah akan diberi penguat lantai yang disebut Bendul dengan penyusunannya yang tidak boleh saling menyambung.

Baca juga: Harga Kolom Praktis Sudah Jadi 2022

Baca juga: Model Desain Plafon Kayu Jati Minimalis

Baca juga: Model Desain Plafon Kayu Minimalis Terbaru 2022

Jenis Rumah Adat Riau

1. Rumah Melayu Atap Limas Potong



Leave a Reply