Harga Rumah Kontainer Dan Perhitungan Biayanya


Harga Rumah Kontainer – Belakangan ini, konsep bangunan yang menggunakan kontainer sedang menjadi trend dan populer di kalangan masyarakat. Penggunaannya sendiri juga sangat beragam, mulai dari ruang usaha seperti kafe, restoran hingga sebagai kantor dan tempat hunian.



Apakah Anda tertarik untuk membangun rumah kontainer? Jika iya, mari simak pembahasannya secara lengkap mengenai pengertian, prinsip, cara membangunan, harga, kelebihan, kekurangan, dan pilihan desainnya pada artikel berikut ini.

Baca juga: Cara Membuat Denah Rumah Dengan Tepat

Mengenal Rumah Kontainer

Peti kemas atau yang biasa disebut dengan kontainer merupakan peti yang sering digunakan sebagai perangkat untuk mengangkut barang. Berat yang dimiliki oleh kontainer adalah sekitar 24.000 kg sampai dengan 30.480 kg, tergantung dari ukurannya.

Pada tahun sekitar 1980-an kontainer menjadi struktur modular yang bisa digunakan untuk mencipatkan ruang layak huni. Selanjutnya pada tahun 2006, seoarang arsitek asal California yang bernama Peter DeMaria mulai merancang rumah kontainer pertama kali. Rumah tersebut disebut dengan Rumah Pantai Rendodo.

Sejak saat itulah kontainer tidak hanya dimanfaatkan sebagai solusi hunian yang minim akan limbah konstruksi, namun juga mempunyai kekuatan material serta kemampuan yang baik dalam menahan api, rayap, dan jamur.



Baca juga: Cara Menghitung Biaya Bangun Rumah 2 Lantai

Keuntungan Membuat Rumah Kontainer

Ada beberapa keuntungan yang bisa Anda dapatkan jika membangun home kontainer, yaitu:

  1. Kokoh dan Anti Gempa

Sesuai namanya, rumah ini dibuat dari kotak kontainer dengan struktur besi. Saat terjadi gempa, maka konstruksi besi mampu meredam getaran dan keretakan struktur bangunan. Hal ini tentu berbeda jauh dengan bangunan yang menggunakan konstruksi batu dan semen.

  1. Mudah Berpindah Lokasi

Kelebihan home kontainer yang selanjutnya adalah bisa dipindahkan ke lokasi lainnya. Sehingga ini menjadi keuntungan tersendiri, terutama ketika Anda merasa jenuh dengan tempat tinggal yang sekarang maka Anda bisa langsung pindah tanpa harus membeli rumah baru. Anda hanya perlu memindahkan kontainer ke lokasi yang diinginkan.

  1. Tidak Memerlukan IMB

Pembangunan rumah secara konvesional akan membutuhkan IMB (Izin Membangun Bangunan) yang sudah pasti memakan banyak waktu, tenaga, dan uang. Namun jika Anda membangun home kontainer maka tidak perlu semua itu karena sifatnya semi permanen sehingga proses pembangunan jauh lebih ringkas dan tidak rumit.



  1. Harga Terjangkau

Biaya yang dibutuhkan dalam pembangunan rumah peti kemas jauh lebih murah daripada rumah normal dengan ukuran sama. Harganya sangat bervariasi, mulai dari Rp 15 juta (bekas berukuran 20 feet) sampai Rp 30 juta (baru berukuran 20 feet).

  1. Proses Pengerjaan Lebih Cepat

Bangunan biasa umumnya membutuhkan waktu pengerjaan sekitar 6 bulan sampai 1 tahun, tetapi untuk home kontainer hanya perlu waktu sekitar 1 sampai 3 bulan saja. Terlebih sekarang ini sudah banyak jasa pembuatan yang memiliki tenaga profesional sehingga prosesnya akan menjadi lebih cepat.

Baca juga: Harga Dan Ukuran Glass Block Standar

Kekurangan Rumah Kontainer

Meskipun menawarkan banyak keuntungan, tetapi bangunan ini juga memiliki beberapa kekurangan. Berikut ini adalah beberapa kekurangan home kontainer yang bisa Anda jadikan sebagai bahan pertimbangan:

  1. Rentan Panas

Material kontainer dibuat dari logam yang kuat, sehingga kontainer mampu bertahan lebih lama. Namun disamping itu, material tersebut juga akan membuat kontainer menyerap sinar matahari dengan mudah. Alhasil rumah akan terasa sangat panas di siang hari saat matahari bersinar terik.

  1. Lokasi Pengiriman Terbatas

Sampai saat ini, pengiriman home kontainer di Indonesia hanya bisa dilakukan ke beberapa lokasi yang terbatas. Untuk dapat mengirimkannya maka dibutuhkan truk beroda sepuluh yang memiliki ukuran besar. Truk berukuran besar tersebut akan menyulitkan dalam pengiriman kontainer terutama ke jalanan yang sempit seperti gang.

  1. Ukuran Sudah Ditentukan

Kontainer umumnya merupakan hasil dari pabrik, sehingga untuk dimensinya sudah ditentukan yaitu ukuran 20 feet dan 40 feet. Anda pun tidak bisa menentukan sendiri berapa ukuran yang Anda inginkan. Namun jika Anda menginginkan ukuran yang berbeda, maka Anda bisa membeli lebih dari satu peti kemas yang kemudian Anda buat sendiri sesuai keinginan.



Prinsip Rumah Kontainer



Leave a Reply