Macam Macam Jenis Sambungan Baja Ringan


Jenis Sambungan Baja Ringan – Penggunaan baja ringan sebagai salah satu material dari pembangunan rumah ataupun gedung sekarang ini sedang menjadi trend. Alasannya tak lain karena baja ringan tersedia dalam berbagai macam ukuran. Selain itu, harga jualnya juga jauh lebih murah jika dibandingkan dengan material yang lainnya seperti kayu.

Baja ringan sendiri biasa digunakan sebagai rangka atap rumah. Namun kini banyak juga yang memanfaatkan baja ringan sebagai bahan dasar dalam pembuatan pagar rumah. Bahkan jika seorang tukang dapat membuat desain yang baik dan bagus, maka bisa menghasilkan pagar rumah yang terlihat mewah dan elegan.



Baja ringan sendiri adalah sebuah produk yang di hasilkan oleh pabrikan sehingga mempunyai standarisasi ukuran, bentuk, dan lain sebagainya. Maka dari itu, dalam pemasangan baja ringan dibutuhkan keahlian secara khusus dengan tujuan supaya saat melakukan pemotongan ataupun penyambungan bisa sesuai dengan standar dan tentunya bisa kokoh.

Jika pada pembahasan berikutnya kita sudah membahas mengenai baja ringan lengkap beserta jenis-jenisnya maka kali ini kita akan membahas mengenai sambungan baja ringan. Berikut ini adalah penjelasan tentang sambungan baja ringan lengkap dengan jenis-jenis dan cara menyambungnya.

Baca juga: Harga Borongan Tenaga Pasang Plafon

Pengertian Sambungan Baja Ringan

Sambungan baja ringan adalah sebuah proses yang dilakukan untuk menggabungkan 2 bagian atau lebih material baja, yang terdiri dari jenis bahan yang sama ataupun berbeda, dan memiliki bentuk atau ukuran yang sama atau tidak. Tujuan dilakukannya sambungan ini adalah untuk membuat suatu bentuk komponen atau rangka baja.

Dalam pelaksanaan sambungan baja bisa diterapkan dengan melalui metode yang tertentu, dimana untuk menentukan metode ini tergantung dari bentuk komponen dan rangka baja  yang ingin disatukan. Seperti misalnya jika ingin membuat komponen balok IWF, maka sudah pasti sistem pelaksanaannya tidak sama dengan membuat suatu kuda-kuda cremona.



Leave a Reply